Sunday, August 19, 2012

Idul Fitri?

Happy Eid Mubarak 1433 H!

Taqaballahu minna waminkum shiyamana wa shiyamakum,
Minal aidin wal faidzin, Mohon maaf lahir dan batin.
Semoga masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan Ramadhan-Ramadhan tahun selanjutnya, amiin... o:)


Hari ini, katanya sih 1 Syawal, which means Lebaran. Tapi, sejujurnya gue tidak merasakan euforia kemenangan itu :( Tadi pagi, gue yg udah bangun jam 4an malah ketiduran lagi sampe bangun-bangun udah jam 7 pagi -_- Gue gak sholat Ied! 

Beberapa tahun belakangan, euforia lebaran buat gue cuma sampai sehabis sholat Ied ─ silaturahmi sm tetangga ─ maaf-maafan sama keluarga inti. Selanjutnya adalah acara bebas, mau tidur, beres-beres rumah, lanjut masak sayur ketupat, jungkir balik, kayang, koprol, bebas~ Kalopun mau silaturahmi ke rumah sodara, paling baru jalan di hari kedua atau hari-hari berikutnya. Atau bisa juga sodara yang dateng kerumah di hari kesekian.

Suasana yang beda banget dengan 12 tahun lalu, dimana lebaran adalah waktunya kumpul keluarga besar nyokap, pamer baju baru. Semua tumplek penuh sesak di Depok. Dari bude pertama sampe tante terakhir beserta anak cucunya kumpul disana. Semenjak nenek gue meninggal, suasana itu perlahan memudar. 

Gue juga belum pernah ngerasain yang namanya mudik. Jawabannya selalu, "gak punya kampung." Padahal bokap gue Jawa asli, tapi keluarganya sebagian besar udah di Jakarta. Jadi, alhamdulillah belum pernah ngerasain perjuangan menuju kampung halaman. Walaupun penasaran juga dengan sensasinya.

Tahun ini adalah tahun kedua lebaran dengan jarak yang terpisahkan sama mama-papa. Ditambah Mas Ken (kakak gue yang cowo) yang setelah menikah tinggal di Pademangan, jadi dirumah tinggal gue, Mbak Niken dan suaminya serta ponakan gue yang lucunya kebangetan. Kalo gada ketupat, rendang dan sayurnya dijamin hari ini gada beda dengan hari-hari Minggu lainnya.

Sedih sih, saat seharusnya ini jadi momen yang paling membahagiakan untuk semua Muslim di seluruh dunia. Momen yang digunakan untuk kumpul-kumpul keluarga besar. Gue cuma berdiam diri dirumah, sendirian ,sampe bisa nge-post tulisan ini. 

Semoga, tahun depan masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan Ramadhan dan Idul Fitri. Saat mama-papa udah balik ke Jakarta, kita bisa kumpul dengan keluarga yang beranjak besar, dengan anggota keluarga baru, amiin yarabbal al amiin... :)

the sweetest Eid greetings :')

No comments:

Post a Comment